cepat menginfeksi lebih dari seratus juta penduduk dunia dan membuat
mereka "demam facebook".
Saking luar biasanya, saat ini terdapat 175 juta orang di berbagai
negara yang memanfaatkan layanan situs web jejaring sosial bernama
facebook yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 tersebut.
Jumlah itu hampir setara dengan populasi penduduk Brasil pada 2008 (184
juta) dan jauh mengungguli jumlah penduduk
Tahun 2008 facebook meraup keuntungan 300 juta dolar AS. Jumlah itu
lebih dari cukup untuk "membailout" perusahaan raksasa yang sekarat
akibat krisis global.
Dirjen Aplikasi Telematika Departemen Komunikasi dan Informatika Cahyana
Ahmadjayadi menyambut baik kepopuleran situs facebook.
Menurut dia, apapun bentuknya, infrastruktur teknologi informasi
seluruhnya di dunia ini sama saja. Namun yang membedakan adalah isi yang
dibawanya.
Oleh karena itu, industri "isi" harus dipacu agar menjadi nilai tambah
dalam dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi Tanah Air.
Isi yang yang mengalir dalam infrastruktur itu umumnya berupa suara,
musik, teks, gambar, dan video.
"Facebook membantu sosialisasikan itu semua. Di Jepang ada orang
katanya.
terbanyak se-Asia dan ke-5 terbesar dunia setelah AS, Inggris, Italia,
dan Kanada.
Data hingga Maret 2009, di Indonesia, jumlah pengguna situs yang
didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid
Dengan laju peningkatan jumlah anggota sebesar 40 persen selama 2008,
menempatkan
facebook paling cepat di dunia selama 2008 berdasarkan data "Google
Trends".
"One Stop Solution"
Facebook unik lantaran mengambil sisi lemah teknologi pendahulunya. Ia
merupakan platform selayaknya sistem operasi online yang mempermudah
hampir segala kegiatan sosial yang dilakukan manusia.
Teknologi isi itu menawarkan "one stop solution" yang menggabungkan
layanan situs pembagi foto, blog, video, musik, "mailing list", dan
berbagai fungsi lainnya. Itu belum termasuk permaninan "game online"
dalam satu atap.
Dengan kata lain, situs yang mengawali keanggotaan semula terbatas untuk
siswa dari
terhadapnya.
Fitur-fitur facebook mencetak kebiasaan pengakses untuk selalu
membukanya paling sedikit sekali dalam sehari alias mencandu.
Ketika pertama kali dirancang, facebook merupakan situs jejaring
internal yang membatasi keanggotaan bagi siswa
Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di
wilayah
dalam "Ivy League".
Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut
dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya.
Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat email suatu
universitas, .edu, .ac, .uk, dari seluruh dunia dapat juga bergabung
dengan situs itu.
Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat
atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang
dengan dengan alamat e-mail apa pun dapat mendaftar di Facebook.
Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan
yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah, tempat kerja, atau wilayah
geografis.
Dari September 2006 hingga September 2007, peringkat facebook naik dari
posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, dan
merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serikat, mengungguli
situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap
harinya.
"Facebook mobile"
Tidak ingin ketinggalan kesempatan, operator GSM "Hutchison CP
Telecommunications", pemilik merek dagang 3, meluncurkan layanan
facebook yang dapat diakses melalui telepon seluler dengan menggunakan
SMS dan MMS.
"Kami menjadi operator pertama di Asia Tenggara dan di
meluncurkan layanan facebook melalui ponsel," kata Chief Commercial
Officer PT Hutchison CP Telecomm Suresh Reddy.
Pengguna 3 dapat memperbarui status FB kapan pun dan di mana pun dengan
mengirimkan SMS ke 32665. Selain itu, pelanggan dapat memantau status
rekan setiap ada perubahan status yang dilakukan.
General Manager VAS PT Hutchison CP Telecomm
Tedjasendjaja mengatakan, pihaknya memberikan alternatif kemudahan bagi
pecandu facebook.
"Tak perlu PC, tak perlu laptop, dan tidak perlu ganti hp baru, bisa
dengan ponsel apapun dapat mengakses facebook asal gunakan kartu 3,"
katanya.
Tampaknya operator yang berbasis di Hongkong itu hanya tinggal menunggu
waktu untuk berkompetisi di pasar serupa dengan para pesaingnya.
Tapi, sejumlah operator besar yang menguasai pangsa pasar di
belum memperlihatkan gelagat untuk merambah ranah facebook secara lebih
serius.
Padahal, situs jejaring pertemanan itu ibarat negara bernama "Republik
Facebok" dengan kepadatan populasi tinggi yang merupakan pasar
potensial.(*)
COPYRIGHT © 2009
oleh Hanni Sofia
http://www.antara.co.id/arc/